Pekerjaan enggak hanya menuntut kita untuk rajin, tapi juga kreatif.
Sayangnya, enggak semua orang bisa meng-eksplore sisi kreativitas mereka. Beberapa orang terlahir memang sebagai orang yang kreatif, tapi beberapa lagi menemui kesulitan untuk bisa memunculkan ide kreatif.
Tapi dengan lingkungan dan dorongan yang tepat, semua orang bisa menjadi lebih kreatif, termasuk kamu.
Berikut ini tips agar kamu menjadi orang yang lebih kreatif.
Baca juga: Bekerja Dari Rumah, Ini Aturan Berpakaiannya
1. Manfaatkan Waktu Luang
Saat berada di kantor, pasti yang kamu pikirkan hanya rapat, target, dan pekerjaan. Hal itu membuat otak menjadi monoton.
Cobalah untuk memanfaatkan waktu luang, bukan hanya jam istirahat, untuk membaca buku, menonton kisah inspiratif orang sukses, atau mendengarkan motivator.
2. Catat Ide yang Muncul
Selalu sempatkan mencatat ide-ide kreatif yang tiba-tiba muncul, misalnya saat baru bangun tidur, dalam buku catatan kecil agar ketika kamu membacanya lagi ketika mencari ide. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapat ide kreatif lainnya dengan membaca catatan-catatan di buku tersebut.
3. Mengubah lay-out Kubikel
Jika kamu bekerja dalam kubikel, cobalah untuk mengubah lay-out meja kerja. Tambahkan foto, lukisan atau tanaman hias mini di atas meja agar memberi penyegaran ketika melihatnya.
Baca juga: 5 Tantangan Bekerja Dari Rumah dan Tips Menghadapinya
4. Jalan-Jalan
Ketika pikiran buntu, kamu perlu sedikit ‘bergerak’ misalnya berjalan-jalan di lorong kubikel atau menghampiri meja temanmu untuk sekadar ngobrol ringan. Dengan bergerak dan bertemu orang lain, ide kreatif tak terduga bisa muncul.
5. Bertemu Orang Baru
Kamu mungkin sesekali perlu bertemu orang baru, entah yang masih berhubungan dengan pekerjaan atau sama sekali berbeda bidang dengan pekerjaanmu. Obrolan dengan orang baru bisa memciu ide kreatif yangout of the box.