Terkadang, saking fokusnya kita bekerja, kita jadi semakin sedikit punya waktu untuk diri sendiri dan keluarga.
Pikiran yang selalu memikirkan pekerjaan ternyata juga bisa mepengarhui kesehatanmu lo. Karena itu, penting bagi kamu untuk selalu menyeimbangkan work-life dengan waktu untuk diri sendiri dan keluarga.
Berikut 9 hal kecil yang bisa kamu lakukan agar menyeimbangkan work-life untuk hidup yang lebih sehat dan bebas stress.
Baca juga: Kekinian, Ini 5 Kelebihan Kerja di Startup
1. Relaksasi
Jadwalkan sedikitnya 3 kali dalam seminggu untuk kamu melakukan relaksasi. Kamu bisa bermeditasi, mendengarkan musik, berendam dalam air panas, atau apapun yang membuat tubuh dan pikiranmu rileks.
2. Delegasikan
Delegasikan apapun yang bisa kamu delegasikan pada rekan satu tim. Bukan berarti kamu melepas tanggung jawab tetapi berbagi tugas sesame satu tim.
3. Olahraga Pagi
Lakukan olahraga pagi sebelum kamu berangkat kerja. Lakukan minimal 15 menit agar membuat pikiranmu fresh dan happy.
4. Matikan Gadget
Matikan gadget selama akhir pekan. Gadget yang terus menyala membuat email atau pesan urusan pekerjaan masuk. Meski hanya membacanya, hal itu bisa otakmu merasa sibuk.
5. Ngobrol
Usahakan untuk ngobrol dengan salah satu anggota keluarga setiap hari, minimal selama 10 menit sehari.
Baca juga: 5 Hal Kecil yang Penting Dilakukan di Pagi Hari Agar Tetap produktif
6. Merawat Diri
Bukan Cuma soal perawatan kecantikan, tetapi juga memberi tubuhnya istirahat yang cukup dan tidur minimal 7 jam sehari.
7. Belajar Hal Baru
Belajar hal baru, yang enggak berkaitan dengan pekerjaanmu setiap minggu. Hal ini bisa memberi kepuasan dan rasa percaya dirimu ketika bekerja.