Interview adalah salah satu momen krusial untuk menentukan nasibmu, diterima atau enggak di perusahaan tersebut.
Makanya saat interview, hampir semua calon karyawan baru jadi nervous dan tegang, meski ini bukan kali pertama mereka menghadapi interview kerjaan.
Sayangnya, saking gugup dan tegang, banyak kesalahan yang dilakukan saat menjawab pertanyaan dari staf HRD.
Agar enggak terjadi sama kamu, simak yuk kesalahan yang sering dilakukan saat interview, supaya kamu bisa menghindarinya.
Baca juga: 5 Cara Membuat Bos Terkesan Tanpa Seperti ‘Menjilat’
1. Menjelekkan Bos dan Perusahaan Lama
Enggak ada untungnya menjelekkan bos dan perusahaan lama saat interview dengan calon kantor baru. Justru itu akan membuat kesan negatif tentang dirimu.
Pewawancara pasti membayangkan bagaimana jika kamu jadi karyawan di perusahaan tersebut, kemungkinan besar kamu juga akan melakukan hal yang sama.
2. Berbohong
Berbohong soal apapun, cepat atau lambat bisa ketahuan oleh si pewawancara. Apalagi ia bukan sekali dua kali mewawancara orang. Gestur tubuhmu saat berbohong pun pasti akan terbaca oleh staf HRD.
3. Mengeluh
Enggak ada orang yang senang mendengar keluhan orang lain. Entah itu soal gaji kecil di perusahaan lama atau jalanan macet ketika menuju ke tempat interview.
Baca juga: 9 Hal Kecil Ini Bisa Menyeimbangkan Work-Life
4. Terlalu Gugup atau Terlalu Percaya Diri
Gesture yang menunjukkan kalau kamu etrlalu gugup, akan ditangkap kesan kalau kamu tidak cukup percaya diri untuk pekerjaan itu.
Tapi tampil terlalu percaya diri pun, akan membuat pewawancara berpikir dua kali, apakah kamu akan cocok bekerja dengan tim yang sudah ada.
5. Tidak Mencari Informasi Soal Perusahaan Tersebut
Salah satu cara menunjukkan kalau kamu tertarik bekerja di perusahaan itu, adalah dengan mengenal lebih jauh soal produk, jasa, dan informasi lainnya soal calon kantor baru kamu itu.
Enggak lucu kan, kalau kamu gelagapan saat ditanya soal apa kelebihan dan kekurangan dari produk mereka? Makanya kumpulkan semua informasi sebanyak-banyaknya soal perusahaan tersebut.