When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

Modal Kamera HP, Ini 8 Tips Agar Foto Produk Makin Menarik di Media Sosial

author
Isna Triyono
Senin, 25 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Berbisnis online pasti enggak bisa lepas dari peran media sosial, dan media sosial membutuhkan foto yang bagus.

Media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Saat ini, salah satu media sosial yang paling banyak dan efektif digunakan untuk berjualan dan promosi adalah Instagram.

Feed Instagram yang menarik dan foto yang enak dilihat juga menjadi salah satu produk jualanmu laris.

Nah, berikut trik agar foto jadi instagramable dan aplikasi yang wajib dipakai.

Baca juga:  5 Tips Memilih Seorang Admin Media Sosial

1. Angle yang Menarik

Kadang objek yang biasa akan menjadi luar biasa jika kita menemukan angle yang menarik. Hal itu juga berlaku saat kamu memfoto produk jualanmu untuk di-upload di Instagram.

SHUTTERSTOCK |

2. Gunakan Model

Untuk produk yang dipakai, misalnya baju, celana, sepatu, atau jam tangan, sebaiknya foto menggunakan model yang sedang memakainya. Tujuannya agar calon pembeli punya gambaran soal dimensi produk.

3. Background Polos

Untuk produk berukuran kecil dan tidak dikenakan, sebaiknya difoto close up dan dengan background polos atau warna yang kontras dengan warna produk. Selain terkesan bersih, gambar produkmu pasti lebih stunning.

SHUTTERSTOCK |

4. Cahaya Alami

Gunakan cahaya alami untuk memfoto objek. Cahaya alami juga membuat foto semakin terlihat menarik.

5. Titik Fokus

Pastikan titik fokus gambar berada pada barang jualanmu, bukan pernak-pernik di sekitarnya. Itu diartikan juga, jika ingin menambahkan pernak-pernik, gunakan secukupnya aja. Yang berlebihan justru akan mengaburkan fokus calon pembeli melihat foto produkmu.

Baca juga: Wajib Coba, 9 Langkah Memulai Bisnis Online

6. Edit yang pas

Bila perlu, foto diedit sebelum di-upload, namun sesuai kebutuhan aja, jangan berlebihan. Editing yang berlebihan justru akan ‘mengganggu’ ketika foto dilihat.

SHUTTERSTOCK |

7. Foto Detail

Misalnya kamu menjual tas dengan warna merah, biru, cokelat, dan kuning. Sebaiknya foto dan upload semua tas dengan aneka warna satu per satu. Bukan hanya menuliskan di kolom caption “tersedia warna merah, biru, cokelat, dan kuning”.

Jika produkmu punya kelebihan jahitan yang rapi, zoom khusus bagian jahitan agar calon pembeli bisa melihatnya.

8. Jajal Fitur 

Sebagai orang yang baru mulai bisnis online, kamu hanya perlu kamera HP kok untuk foto produk-produk jualanmu. Saat ini spesifikasi kamera HP juga sudah mumpuni untuk membuat foto yang bagus di media sosial.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengeksplor dan mencoba semua fitur di kamera smartphone-mu.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono