Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

MY BABY Ajak Ibu Lakukan Gentle Parenting untuk #RaisingFutureReadyKids

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 13 Juni 2024 | 14:59 WIB
MY BABY MOMVERSITY 2024 |

MY BABY kembali mengajak para ibu di Indonesia berpartisipasi dalam kampanye tahunan MY BABY Momversity bertema #RaisingFutureReadyKids, dengan salah satu kelas edukasi Gentle Parenting for Social Emotional Development bersama Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener.

Perkembangan teknologi di era digital menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua milenial yang kini melahirkan anak Generasi Alfa (lahir antara tahun 2010 hingga 2025). Anak-anak Generasi Alfa sangat mudah terpapar informasi, baik positif maupun negatif, sehingga berdampak pada tingkah laku dan cara berpikir mereka. Contohnya, keranjingan main gadget, cenderung tidak peduli pada orang lain, dan mudah emosi.

Untuk meminimalisir risiko negatif tersebut, orang tua wajib memberikan pendampingan saat anak menggunakan teknologi, terutama pada usia dini yang menjadi masa pembentukan karakter dasar anak. Pola asuh orang tua yang positif sangatlah penting diperhatikan, seperti penanaman nilai empati, tanggung jawab, kemampuan meregulasi emosi, serta etika sopan santun.

Gentle Parenting

Salah satu pola asuh positif yang dapat diterapkan pada anak-anak Generasi Alfa adalah gentle parenting, yaitu gaya pola asuh yang mengutamakan empati, rasa hormat, pengertian, inisiatif, tanpa keterpaksaan dan menetapkan batasan. Menurut Samanta, pola asuh anak zaman dulu dan sekarang telah berubah karena faktor perkembangan teknologi dan interaksi sosial di kalangan Masyarakat. Dengan melakukan gentle parenting, papar Samanta, orang tua dapat membangun karakter emosi dan sosial pada anak.

Baca juga: Paduan Gaya Ikonik dan Modern dari Koleksi Zurich Tech Birkenstock

“Informasi yang diserap orang tua dan anak di era digital dapat memengaruhi tumbuh kembang anak itu sendiri. Keterampilan mengelola emosi adalah faktor penting dalam membangun karakter tangguh pada anak. Terutama untuk melindungi diri dari dampak negatif kemajuan teknologi. Pola asuh gentle parenting bisa membantu anak agar mampu mengatur dan mengontrol emosinya sendiri dengan baik, serta membantu menumbuhkan empati anak terhadap sesama,” jelas Samanta.

MY BABY Momversity

Untuk membantu para ibu melalui perjalanan mengasuh anak hingga siap menghadapi masa depan, MY BABY Momversity hadir dengan tema #RaisingFutureReadyKids tahun ini.

Audrey Gandadjaja, Managing Director Brand Portfolio & Communication MY BABY, menjelaskan, “MY BABY sebagai merek kepercayaan Ibu, tidak hanya hadir melalui rangkaian lengkap dan inovasi produk perawatan bayi dan anak, namun juga berkomitmen untuk turut serta membekali perjalanan Ibu dalam mengasuh anak agar siap menghadapi masa depan. Melalui MY BABY Momversity dengan tema #RaisingFutureReadyKids tahun ini, MY BABY ingin orang tua semakin percaya diri dalam menerapkan pola asuh yang tepat untuk menumbuhkan nilai-nilai dan keterampilan yang dibutuhkan anak Generasi Alfa agar memiliki karakter sosial emosional yang baik, tangguh, dan siap bersaing.”

Baca juga: Keajaiban Vernix dalam Produk Baby Gentle Wash Sebamed

Selain kelas Gentle Parenting for Social Emotional Development oleh Samanta, MY BABY Momversity menghadirkan kelas lainnya seperti Sensory Play yang membantu anak melatih kemampuan problem solving dan meningkatkan kemandirian, serta Fun Science Workshop untuk mengasah rasa ingin tahu dan menambah kemampuan berpikir kreatif. Tidak hanya itu, tahun ini MY BABY Momversity juga hadir menjangkau lebih banyak Ibu di Indonesia dengan melakukan roadshow ke kota-kota besar, seperti Medan, Surabaya, dan Jakarta.

MY BABY Momversity juga mengajak para orang tua untuk berbagi pengalaman dan tips melalui kompetisi digital yang berlangsung pada periode 26 April - 12 Juli 2024. Dua puluh ibu terpilih akan mendapatkan hadiah total jutaan rupiah dan bergabung dalam MY BABY Momunity 2024. Untuk pertama kalinya juga, MY BABY Momversity menghadirkan Grand Prize liburan keluarga ke Legoland Malaysia kepada 5 pemenang utama. Detail kegiatan dan cara berpartisipasi dalam MY BABY Momversity 2024 dapat diakses melalui Instagram @myabyid atau www.mybaby.co.id/momversity

 

Sumber:

Rilis MY BABY Momversity 11 Juni 2024

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi