Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Apa Saja Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 24 Juni 2024 | 11:38 WIB
Skincare yang aman dan tepat membantu bumil merawat kulit. | Shutterstock

Sebelum Bumil menggunakan skincare, sebaiknya ketahui kandungan apa saja yang aman dan tidak. Salah memilih kandungan skincare, bisa berisiko buruk pada janin.

Pada masa kehamilan, kulit turut mengalami perubahan karena pengaruh hormonal. Bisa muncul jerawat, kemerahan, kulit kering, kulit berwana lebih gelap (hiperpigmentasi), stretchmark, bahkan selulit. Untuk mengatasi kendala pada kulit tersebut, ibu hamil bisa menggunakan skincare.

Namun, tentunya tidak sembarang skincare yang dapat digunakan ibu hamil. Umumnya, pada label skincare yang telah terstandarisasi BPOM terdapat informasi apa saja kandungan bahannya dan apakah aman diaplikasikan pada ibu hamil dan ibu menyusui. Sehingga ada baiknya ibu hamil lebih selektif memilih skincare dan jangan lupa membaca label pada kemasan.

Baca juga: Sunscreen Physical, Chemical, dan Hybrid, Mana yang Cocok untuk Kulitmu?

Kandungan Skincare Aman untuk Bumil

Berikut ini beberapa kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil:

1.Bahan alami

Bahan-bahan alami membantu menjaga kelembapan kulit ibu hamil. Misalnya, aloe vera, shea butter, madu, alpukat, almond, minyak biji anggur, lemon, virgin coconut oil, dan sebagainya.

2.Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal efek buruk radikal bebas pada kulit dan tubuh. Selain itu, vitamin c atau asam askorbat juga membantu mengurangi garis-garis halus dan noda-noda hitam sehingga kulit telihat lebih cerah dan kenyal. Vitamin C pada skincare dapat berbentuk masker, lotion, maupun serum.

3.Zinc Oxide

Zinc oxide atau titanium dioxide biasanya terkandung dalam sunscreen jenis mineral-based. Nah, saat hamil, Bunda juga tetap membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Pilih sunscreen jenis mineral based yang lebih aman untuk bumil. | Shutterstock

4.Niacinamide

Beberapa jurnal ilmiah menyebutkan, kandungan niacinamide yang berasal dari vitamin B3 aman untuk ibu hamil.  Dikutip dari Cosmopolitan, niacinamide bersifat antioksidan yang mampu mencerahkan kulit, mengatasi sumbatan sebum pada pori-pori yang mengakibatkan komedo dan jerawat, serta mengurangi noda-noda bekas jerawat.

Baca juga: Kulit Bertekstur Kasar Bikin Nggak Pede? Atasi dengan Cara Ini!

5.Hyaluronic acid

Disebut juga asam hialuronat yang memiliki sifat melembapkan kulit. Cocok buat ibu hamil yang biasanya kulitnya menjadi lebih kering. Gunakan dua kali sehari, Bun. Kandungan ini biasanya terdapat pada skincare seperti pelembap, sunscreen, pembersih wajah, serum, dan toner.

6.Glycolic acid

Kulit bumil terlihat kasar dan kusam? Asam glikolat memiliki manfaat eksfoliasi yang lembut dan aman untuk bumil. Kulit menjadi lebih halus, jerawat berkurang, dan regenerasi sel-sel kulit berlangsung lebih cepat.

Umumnya, kandungan asam glikolat tak lebih dari 10% digolongkan aman untuk bumil. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan pemakanan asam glikolat pada dokter kandungan Bunda.

Baca juga: Kenali 11 Kandungan Berbahaya dalam Skincare Berikut Ini

Kandungan Skincare Berbahaya untuk Bumil

Selain mengetahui kandungan skincare yang aman, bumil juga perlu mengetahui apa saja kandungan skincare yang sebaiknya dihindari. Menurut situs Healthline, berikut beberapa kandungan skincare yang perlu dihindari dulu oleh bumil:

-Retinol (bahan golongan derivative, seperti vitamin A, retinoids, retinol, differin, retin-A, retinoic acid, retinyl palmitate, retinyl linoleate)

-Salicylic acid (terutama dosis tinggi)

-Beta hydroxyl acid (BHA)

-Tretinoin, isotretinoin, cccutane

-Hidrokuinon

-Phtalates

-Formaldehid

-Chemical sunscreen (oxybenzone, octocrylene, octinoxate)

 

Memiliki kulit yang tetap cantik, sehat, dan terawat selama kehamilan tentu berdampak positif bagi ibu hamil. Namun, perhatikan juga penggunaan skincare yang cocok dan aman selama kehamilan. Selain jeli membaca label pada kemasan skincare, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter Bunda sebelum menggunakan skincare.

 

 

Sumber:

https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/skincare/a43928523/pregnancy-safe-skincare/

https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-safe-skin-care

https://www.halodoc.com/artikel/inilah-kandungan-skincare-yang-aman-untuk-ibu-hamil

https://www.alodokter.com/skincare-aman-untuk-ibu-hamil-jangan-sampai-asal-pilih

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi