I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Ibu Bekerja, yuk, Bikin To Do List yang Efektif demi Work Life Balance!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 12 Juli 2024 | 16:19 WIB
Ibu Bekerja |

Membuat to do list bisa menjadi solusi bagi ibu bekerja dalam menjaga work life balance agar kesehatan mental tetap terjaga. Apa saja manfaat memiliki to do list dan bagaimana cara membuat yang efektif?

Menjadi ibu bekerja bukanlah hal mudah. Ibu harus memastikan setiap harinya berjalan mulus di rumah, sekaligus tetap produktif dalam bekerja. Tanggung jawab ibu pun tidak terbatas pada tugas yang terlihat, namun juga segala hal yang berkaitan dengan tugas merencanakan, mengingatkan, mengasuh, dan masih banyak lagi yang menguras energi.

Beragamnya tugas ibu sampai-sampai melahirkan sebutan “mom” sebagai “Master of Multitasking”, yaitu ahli melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Seorang ibu bisa makan sambil menggendong anak, dandan sambil menyuapi anak, memasak sambil bebersih rumah, bahkan bekerja sambil mengasuh.

Beban Multitasking Ibu

Dikutip dari situs Healthline, secara ilmiah otak perempuan memiliki konektivitas saraf untuk melakukan perubahan secara cepat. Struktur otak seperti ini tidak terlihat pada struktur otak laki-laki. Oleh karenanya, perempuan memiliki kelebihan untuk melakukan multitasking.

Namun, multitasking tetap harus dilakukan sesuai kesanggupan. Multitasking berlebihan dapat berpotensi kelelahan, kurang fokus, stres, bahkan depresi.

Perlu diingat juga, multitasking sebaiknya dilakukan dengan aman. Hindari dandan sambil menyetir, menelepon sambil menemani anak usia kecil bermain, menemani anak tidur di sela-sela proses memasak, dan sebagainya.

Baca juga: Punya Atasan Terlalu Banyak Mau, Bagaimana Cara Menghadapinya?

Manfaat To Do List bagi Ibu Bekerja

To Do List |

Mendapatkan work life balance di antara sekian banyak peran jelas sebuah tantangan bagi ibu. Mulai menyusun to do list bisa menjadi salah satu solusinya.

To do list adalah daftar kegiatan atau pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Berikut beberapa manfaat membuat to do list bagi ibu bekerja:

  • Memetakan pekerjaan mana yang harus diprioritaskan, didelegasikan, atau dikerjakan kemudian
  • Membantu mengingatkan hal-hal yang kadang terlupakan
  • Membuat aktivitas sehari-hari lebih terkendali
  • Menurunkan tingkat kecemasan dan stres
  • Meningkatkan produktivitas dan fokus dalam bekerja
  • Memanfaatkan waktu lebih efisien
  • Menjauhkan dari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan

Cara Efektif Membuat To Do List

To do list harus dibuat dengan detail, cermat, dan efektif agar manfaatnya optimal. Beberapa langkah berikut bisa dilakukan untuk menyusun to do list:

1.Tulis semua tugas dalam seminggu

Tulislah secara spesifik, misalnya daripada menulis “membersihkan rumah”, bagilah menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, seperti “memvakum ruang tamu”, “membersihkan kamar mandi”, “merapikan dapur.” Atau, daripada menulis “pekerjaan kantor”, bagilah menjadi “email”, “meeting”, “panggilan telepon”, “project”, “report”.

Baca juga: 9 Hal Kecil Ini Bisa Menyeimbangkan Work-Life

2.Kelompokkan tugas dan urutkan sesuai prioritas

Bagi tugas ke dalam hari yang berbeda-beda dalam seminggu. Tandai mana yang dikerjakan sendiri dan mana yang didelegasikan.

Jika daftar tugas terasa melelahkan, selipkan satu dua aktivitas pribadi yang disukai untuk menjaga work life balance. Jangan lupa, tuliskan tenggat waktu yang realistis.

3.Batasi Tugas Harian

Untuk mencapai target tugas harian, multitasking bisa saja dilakukan. Namun, batasi jumlahnya sesuai kemampuan fisik dan mental agar kamu terhindar dari kelelahan bahkan stres.

Essential Dhari Women |

Untuk menjaga stamina, Bunda bisa mengonsumsi Essential Dhari Women’s Daily. Booster stamina dan energi dengan formula tanaman herbal ini dibuat khusus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran wanita.

Perpaduan tanaman herbal yang terkandung dalam Essential Dhari Women’s Daily memiliki manfaat beragam. Ekstrak jintan hitam dan cabe jawa meningkatkan stamina dan energi. Kandungan kunyit, daun kelor, jahe merah, dan asam jawa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Sementara, ginseng dan maca terbukti meningkatkan mood dan fokus dalam bekerja. Konsumsi Essential Dhari Women’s Daily 2 kapsul setiap pagi dan rasakan khasiatnya, yuk!

4.Manfaatkan Teknologi

Gunakan aplikasi untuk membuat to do list. Pilih yang memiliki fitur sesuai kebutuhan, misalnya Microsoft To-Do, Todoist, Any.do, TickTick, Trello, dan Google Tasks.

5.Coret dan Rayakan

Tentu puas rasanya ketika berhasil mencoret to do list satu per satu. Jangan lupa untuk merayakannya. Mungkin dengan camilan favorit, menonton drama Korea, atau tidur lebih awal.

Yuk, buat to do list yang efektif dan konsisten melakukannya, demi work life balance ibu bekerja! 

Sumber:

https://www.healthline.com/health-news/mental-mens-and-womens-brains-wired-differently-120713

https://www.bbc.com/future/article/20131112-do-women-talk-more-than-men

https://www.l-tron.com/i-think-different-female-vs-male-brains

https://geniusmomhacks.com/moms-make-lists

https://womenwhowinatlife.com/the-benefits-of-to-do-lists-for-busy-mums/

https://www.lifehack.org/articles/productivity/how-to-create-a-to-do-list-that-makes-you-smile.html

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Dewi Shinta N