Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Mengenal Sleep Anxiety dan Cara Mencegahnya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 19 Juli 2024 | 13:51 WIB
Perempuan dengan gangguan tidur |

Pernahkah kamu merasa susah tidur karena merasa cemas atau takut? Bisa jadi kamu mengalami sleep anxiety yang berbahaya bagi kesehatan mental juga fisik. Yuk, kenali seperti apa tanda-tanda sleep anxiety dan cara mencegahnya!

Durasi dan kualitas tidur penting bagi kesehatan mental dan kebugaran tubuh. Orang dewasa berusia 18-40 tahun masih membutuhkan waktu tidur 7-8 jam per hari agar seluruh fungsi tubuhnya berjalan dengan baik.

Namun, ada kalanya beban pikiran dan pekerjaan menyebabkan peningkatan kadar hormon stres, terutama pada malam hari. Alhasil, tubuh menjadi sulit untuk rileks dan terjadilah gangguan tidur.

Salah satu gangguan tidur yang terjadi pada orang dewasa adalah gangguan kecemasan tidur atau sleep anxiety. Penderita gangguan ini biasanya merasa khawatir dan stres untuk tidur. Mereka takut sesuatu yang buruk akan terjadi saat mereka tidur sehingga mereka susah tidur.

Beragam hal buruk terlintas dalam pikiran para penderita sleep anxiety ketika memejamkan mata, misalnya “Bagaimana jika anak-anak menangis di kamar dan saya tidak mendengar?”, “Bagaimana jika tugas kantor tidak bisa diselesaikan tepat waktu?”, “Bagaimana jika besok bangun kesiangan dan ketinggalan pesawat?”, dan sebagainya.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, gangguan kecemasan, termasuk kecemasan tidur, merupakan gangguan kesehatan mental yang paling umum dan memengaruhi sekitar 40 juta orang dewasa di Amerika Serikat.

Baca juga: Ibu Bekerja, yuk, Bikin To Do List yang Efektif demi Work Life Balance!

Apa Saja Gejala Sleep Anxiety?

Saat seseorang mengalami sleep anxiety, ada beberapa gejala fisik dan emosional yang diperlihatkan, antara lain:

-Merasa overwhelmed

-Sulit berkonsentrasi

-Gampang marah

-Gugup

-Gelisah

-Merasa waspada pada bahaya yang akan datang

-Gangguan pencernaan

-Detak jantung dan napas cepat

-Mudah berkeringat

-Otot menegang

-Tubuh gemetar

-Serangan panik di malam hari

Mencegah Sleep Anxiety

Sleep anxiety tentu saja memengaruhi kesehatan tubuh. Bahkan dalam jangka panjang dapat menimbulkan risiko diabetes, serangan jantung, penyakit jantung, gagal jantung, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, obesitas, dan stroke.

Jika gejala-gejala sleep anxiety sudah mengganggu pola tidur, bahkan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari lainnya, sebaiknya berkonsultasi pada tenaga medis terkait, seperti psikiater, psikolog, atau spesialis kesehatan tidur agar mendapatkan treatment yang tepat.

Baca juga: Punya Atasan Terlalu Banyak Mau, Bagaimana Cara Menghadapinya?

Selain itu, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mencegah gejala sleep anxiety:

1.Hentikan penggunaan ponsel sejak 30 menit sebelum tidur

Gangguan kecemasan tidur bisa berawal dari kebiasaan terus-menerus menscrolling media sosial (doomscrolling). 

2.Hindari kafein sebelum tidur

Upayakan 2-3 jam sebelum tidur kamu tidak mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh.

3.Membangun rutinitas tidur

-Biasakan untuk tidur dan bangun pada jam yang teratur.

-Pastikan kamar tidur nyaman, bersih, tenang, dan lampu diredupkan.

-Batasi penggunaan tempat tidur hanya untuk tidur, sebab bagi penderita sleep anxiety kamar atau tempat tidur diasosiasikan sebagai tempat untuk khawatir atau tertekan.

4.Melakukan relaksasi

To Do List |

Relaksasi membantu mengusir pikiran negatif yang memicu kecemasan. Lakukan dengan cara mengatur pernapasan, meditasi, mendengarkan musik menenangkan, menyalakan lilin aromaterapi, membuat to do list atau melakukan beberapa gerakan yoga sederhana.

5.Mengonsumsi ramuan herbal

Cara lainnya untuk membantu mengurangi gejala sleep anxiety adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal. Dari generasi ke generasi ramuan tanaman herbal telah terbukti berkhasiat untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental.

Jaga kesehatan dan kebugaran wanita dengan Essential Dhari Women’s Daily . | Essential Dhari Women’s Daily

Essential Dhari Women’s Daily merupakan formula herbal berkualitas untuk memelihara kesehatan dan kebugaran wanita yang mengandung ginseng dan maca sebagai adaptogen, yaitu zat yang dapat mengurangi efek negatif stres pada tubuh, sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.  Ekstrak jahe dalam Essential Dhari Women’s Daily bisa menghangatkan tubuh dan meringankan gejala susah tidur. Terdapat juga kandungan herbal berkhasiat lainnya, seperti daun kelor, jintan hitam, kunyit, asam jawa, dan cabe jawa. Cukup konsumsi 2 kapsul setiap pagi untuk mendapat beragam manfaat tersebut.

Dengan Essential Dhari Women’s Daily kamu dapat Ciptakan Selarasmu untuk menjaga keseimbangan kesehatan fisik dan mental. Kualitas tidur terjaga dan sleep anxiety pun bisa teratasi! Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi instagram @essentialdhari atau cek di sini.

 

Sumber:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21543-sleep-anxiety

https://www.healthline.com/health/mental-health/tools-and-tricks-to-calm-your-anxiety-and-actually-get-some-sleep#tips-tricks

https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-tidur-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh#:~:text=Usia%2012%2D18%20tahun%3A%20menjelang,7%2D8%20jam%20setiap%20hari.

https://www.healthline.com/health/stress/smart-girls-guide-to-adaptogens

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Dewi Shinta N