Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Zurich Indonesia Berkolaborasi dengan Aplikasi LiveWell untuk Promosikan Gaya Hidup Sehat  

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 22 Juli 2024 | 14:27 WIB
| Zurich Indonesia

Untuk mendorong gaya hidup sehat, Zurich Indonesia (PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, dan PT Zurich Topas Life) berkolaborasi dengan LiveWell by Zurich, aplikasi wellbeing komprehensif yang terintegrasi dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Data Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) dalam Global Status Report on Physical Actvity 2022 mengungkapkan bahwa sekitar 81% remaja dan 27,5% orang dewasa saat ini tidak memenuhi rekomendasi tingkat aktivitas fisik minimal untuk mencapai kesehatan optimal. Penelitian lain menunjukkan bahwa perubahan pola gaya hidup yang cepat dan peningkatan perilaku sedentary, atau kecenderungan seseorang untuk malas melakukan aktivitas fisik, meningkat hingga 70%. Hal ini telah meningkatkan risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) sebanyak 30%, yaitu termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit pernapasan, dan diabetes.

Berapa lama kita harus melakukan aktivitas fisik per hari? Menurut rekomendasi WHO, pada kelompok anak-anak dan remaja (10-19 tahun), aktivitas fisik sebaiknya dilakukan dengan intensitas sedang hingga berat minimal 1 jam per hari. Sedangkan, pada orang dewasa aktivitas fisik intensitas sedang cukup dilakukan 150 menit per minggu.

Menjawab tantangan gaya hidup sehat tersebut, Zurich Indonesia berkolaborasi dengan LiveWell by Zurich, aplikasi wellbeing komprehensif. Edhi Tjahja Negara, President Director PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, mengatakan, “Kolaborasi ini merupakan komitmen Zurich Indonesia untuk memenuhi kebutuhan nasabah akan gaya hidup sehat yang didukung melalui aplikasi digital. Aplikasi ini secara bertahap dapat diakses oleh nasabah group health atau asuransi kesehatan (Medicillin) dan seluruh nasabah Zurich Indonesia secara gratis,” jelas Edhi.

Sementara Stephanie Lloyd, CEO LiveWell, memaparkan LiveWell by Zurich dirancang dengan tujuan agar para penggunanya bisa mengontrol wellbeing mereka sendiri. “Platform digital ini menawarkan pengalaman program kebugaran yang dipersonalisasi dengan memberikan rekomendasi berdasarkan kebutuhan masing-masing individu.”

Baca juga: Ingin Mulai dan Rutin Olahraga? Simak 10 Trik Ini

Aplikasi LiveWell by Zurich juga dilengkapi dengan kemampuan AI health check yang terdiri atas dua fitur utama. Pertama, fitur real-time vital check (pemeriksaan vital real-time) yang memungkinkan pengguna memantau tanda-tanda vital mereka kapan saja, di mana saja, dan langsung dalam aplikasi sehingga tidak memerlukan perangkat tambahan. Selain itu, fitur ini juga memanfaatkan kamera ponsel untuk menganalisis tanda-tanda vital, termasuk tingkat stres, variabilitas detak jantung, dan laju pernapasan sehingga memberikan wawasan kesehatan yang berharga kepada pengguna.

Fitur utama yang kedua, yaitu aplikasi ini memiliki program loyalitas dan marketplace, tempat di mana pengguna dapat menikmati keanggotaan eksklusif yang menawarkan berbagai manfaat. Pengguna dapat mengumpulkan poin dari berbagai aktivitas yang dilakukan untuk hidup sehat yang nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah yang disediakan di dalam aplikasi.

Budi Darmawan, Direktur PT Zurich Topas Life (Zurich Life), menambahkan, “Masyarakat Indonesia telah memberikan respons yang sangat baik terhadap penerapan LiveWell by Zurich sebagai bagian dari manajemen gaya hidup dan kesehatan mereka. Hingga Juni 2024, pengguna aplikasi LiveWell by Zurich di Indonesia telah mencapai puluhan ribu atau meningkat lebih dari 100% dibandingkan jumlah pengguna di tahun lalu, termasuk nasabah agency dari Zurich Life yang sudah mendapatkan akses aplikasi tersebut sejak Mei 2024.”

Adhiramsyah Choesin, Lifestyle Content Creator and Host, mengakui, “Setelah mengalami pengalaman kesehatan dan karier yang cukup naik-turun, akhirnya saya menemukan aplikasi LiveWell by Zurich yang dapat membantu konsistensi saya dalam menciptakan gaya hidup sehat dengan cara yang mudah.”

Zurich Indonesia (PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Zurich General Takaful Indonesia, dan PT Zurich Topas Life) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi