There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Tips jadi Multitasking Moms Agar Pekerjaan dan Mengurus Anak Tetap Balance

author
Dinda Karunia Putri
Selasa, 3 September 2024 | 13:52 WIB
Mother of Multitasking |

Bun, seringkali seorang Ibu harus melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan, baik itu pekerjaan kantor, pekerjaan rumah maupun mengurus anak. Tidak heran istilah MOM (Mother of Multitasking) sering ditujukan ke Bunda. 

Menyeimbangkan pekerjaan dan mengurus anak tentu bukanlah hal yang mudah. Jika Bunda berpikir mengurus anak dan bekerja akan lebih efektif dilakukan bersamaan, jawabannya belum tentu. Manajemen waktu yang baik merupakan kunci yang bisa membantu Bunda menyelesaikan semua tugas dengan baik. 

Lalu, bagaimana agar pekerjaan dan mengurus anak tetap balance? berikut tips jadi multitasking moms agar pekerjaan dan mengurus anak tetap balance.

  • Buat To Do List

Dilansir Organized Motherhood, mencatat pekerjaan dalam notebook kecil terbukti lebih efektif dibandingkan mencatatnya di smartphone. Memang betul, catatan digital lebih ramah lingkungan, tapi tak ada salahnya mempunyai notebook khusus untuk mencatat pekerjaan yang urgent dan tidak,  agar pekerjaan lebih terstruktur.

Baca juga: Ibu Bekerja, yuk, Bikin To Do List yang Efektif demi Work Life Balance!

  • Tentukan Skala Prioritas: Pekerjaan Kantor dan Mengurus Anak

Bunda lebih baik mengelompokkannya menjadi dua kelompok besar, yaitu pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah. Buatlah daftar pada masing-masing kategori, sehingga Bunda dapat menyiasati pekerjaan mana yang dapat dilakukan sekaligus. Selain itu, pastikan Bunda melakukannya secara berurutan dimulai dari yang urgent terlebih dahulu. Dengan melakukan ini secara konsisten, pekerjaan kantor dan rumah akan lebih terkontrol. 

  • Set Timer dengan Baik antara Pekerjaan dan Keluarga

Dimanapun Bunda berada, cobalah untuk fokus dan memaksimalkan waktu tersebut dan fokus dengan apa yang sedang dijalani sampai selesai. Mungkin juga Bunda memikirkan janji dengan anak yang belum dipenuhi saat sedang rapat di kantor. Setelah itu Bunda dapat kembali memastikan hal lain, ini akan membuat waktu bersama keluarga menjadi lebih bermakna dan waktu bekerja menjadi lebih produktif. 

  • Bekerja sama dengan Si Kecil

Memang cukup sulit untuk menyeimbangkan tanggungan pekerjaan dari kantor dan rumah. Karena keduanya berat untuk dilakukan sendirian, Bunda dapat meminta tolong kepada Si Kecil untuk ikut membantu. Tak perlu yang berat, Bun, sesuaikan saja dengan usianya. Lewat cara ini, anak juga dapat bertumbuh dewasa sebagai seseorang yang memiliki inisiatif tinggi.

Baca juga: Si Kecil Suka Tidur Di Lantai? Ini yang Perlu Bunda Lakukan! 

  • Gunakan Produk Canggih dan Berkualitas

Bunda, untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari dan menjaga rumah tetap bersih serta sehat untuk anak-anak, Panasonic Cordless Stick Vacuum Cleaner MC-KC1W adalah pilihan ideal. Vacuum cleaner berteknologi Jepang ini dilengkapi dengan fitur unggulan, termasuk All-in-One Clean Dock, yang memudahkan pembersihan, perawatan, dan penyimpanan. Dengan fitur ini, menjaga kebersihan rumah menjadi lebih efisien dan nyaman untuk Bunda. Yuk, cari tahu keunggulannya!

Bersihkan Setiap Sudut Rumah dengan Mudah:

  1. Akses Mudah ke Bagian Bawah Furnitur: Desain yang ramping memungkinkan Bunda membersihkan area bawah sofa, tempat tidur, dan furnitur lainnya dengan mudah.
  2. Lindungi Keluarga dari Tungau Debu di Kasur: Motorized Mattress Nozzle secara efektif menghilangkan 82,81% tungau debu dan alergen dari kasur menggunakan bilah karet yang mengangkat dan mengeluarkan kotoran.
  3. Bersihkan Setiap Titik Debu di Ruang Sempit: Dengan tambahan aksesoris yaitu 2-way Dusting Brush, vacuum cleaner ini memungkinkan Bunda untuk menjangkau dan membersihkan debu di sudut dan permukaan yang sempit dengan mudah.

Fitur Utama dalam Satu Wadah Pembersih:

Vacuum Cleaner Panasonic |

  1. Perawatan Praktis dan Hemat Waktu: Clean Dock secara otomatis mengumpulkan debu dari vacuum cleaner dan menyederhanakan perawatan dengan kantong debu yang diganti setiap 60 hari.
  2. Pembuangan Debu Higienis: Debu dipindahkan ke kantong pembersih dengan bersih, menjaga tangan Bunda tetap bersih.
  3. Pengisian Daya Terintegrasi: Clean Dock juga berfungsi sebagai stasiun pengisian daya, memastikan vacuum cleaner siap digunakan tanpa harus menyambungkan kabel secara terpisah.
  4. Tempat Penyimpanan Praktis: Menyediakan tempat penyimpanan vacuum cleaner yang rapi dan mudah diakses.
  5. Ringan dan Mudah Digunakan: Dengan bobot hanya 1,6 kg dan motorised power nozzle, vacuum cleaner ini mudah dioperasikan dan efektif menjangkau setiap sudut rumah.
  6. Pembuangan Udara Bersih: Sistem filtrasi Cyclonic menangkap 99,54% debu mikroskopis sekecil 0,3 mikron, menjaga udara tetap bersih.
  7. Sensor Debu Otomatis: Sensor Debu secara otomatis menyesuaikan daya isap untuk kinerja pembersihan yang optimal.
  8. Wadah dan Filter yang Dapat Dicuci: Memudahkan pembersihan dan mengurangi bau dari saluran pembuangan.

Aksesoris Tambahan:

  • Motorized Mattress Nozzle: Menghilangkan 82,81% tungau debu dan alergen dari kasur.
  • 2-way Dusting Brush: Untuk membersihkan sudut dan permukaan sempit dengan mudah.

Yuk cari tahu lebih banyak mengenai produk Panasonic Cordless Stick Vacuum Cleaner MC-KC1W, di sini.

Bunda, itu dia berbagai tips agar seorang Ibu yang bekerja juga bisa menyeimbangkan waktu dalam mengurus rumah tangga dan mendidik Si Kecil. Jika masih ada keraguan yang timbul dalam benak, ingatlah bahwa Bunda telah memberikan teladan yang baik bagi Si Kecil dengan menjadi seorang yang kuat dan tangguh. 

Penulis Dinda Karunia Putri
Editor Dewi Shinta N