You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Melatih Kesederhanaan dan Empati Anak dari Sosok Paus Fransiskus

author
Dinda Karunia Putri
Jumat, 6 September 2024 | 10:36 WIB
Paus Fransiskus | Getty Images

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia-Oseania. Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024. Paus Fransiskus adalah Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Kunjungan pertama dilakukan oleh Paus Paulus pada 1970 dan kunjungan kedua dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II pada 1989. 

Paus Fransiskus dikenalkan sebagai salah satu tokoh yang tidak hanya mencerminkan kepribadian yang rendah hati dan sederhana, tetapi juga memiliki rasa empati tinggi terhadap masyarakat kurang mampu. 

Bunda, kita bisa meneladani kepribadian rendah hati dan sederhana dari Paus Fransiskus dan mengajarkannya kepada si Kecil, lho! Bunda dapat memulainya dari hal-hal sederhana seperti:

Baca juga: 5 Peran Penting Ayah Dalam Mengasuh dan Mendidik Anak

1. Menghindari Gaya Hidup Konsumtif

Paul Fransiskus konsisten untuk mengingatkan umatnya agar menghindari budaya konsumtif yang berlebihan dan menekankan dampak negatifnya terhadap lingkungan serta orang-orang yang kurang beruntung. Untuk menerapkan ini, Bunda bisa memulainya dengan mengajarkan si Kecil membedakan kebutuhan dan keinginan, memberitahu si Kecil untuk membeli hal-hal yang menjadi prioritas untuk mengurangi pembelian barang yang tidak benar-benar diperlukan.

2. Berbagi dengan Sesama 

Pope Francis juga mengajarkan kesederhanaan yang mencangkup kepedulian terhadap sesama, terutama bagi mereka yang kurang beruntung. Bunda dapat mengajarkan pada anak pentingnya saling membantu dalam masyarakat, sesederhana menunjukkan kepada si Kecil cara berbagi apa yang dimiliki, baik dalam bentuk materi, waktu, maupun emosional kepada orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

Baca juga: Ingin Melatih Ketangkasan, Fokus, dan Motorik Anak? Coba 3 Kegiatan Ini, Bun

3. Hidup dengan Damai dan Tenang

Paus Fransiskus sering mengajarkan kepada umatnya pentingnya menjalani hidup dengan tenang dan bijaksana. Sikap ini dapat Bunda terapkan ke si Kecil juga, lho, dengan memulai untuk membantu si Kecil mengelola emosi dan fokus mereka pada hal-hal yang benar-benar penting, agar dapat mengontrol emosi pada si Kecil. 

Sejak awal masa Kepausannya, Paus Fransiskus memang telah memberikan teladan dengan gaya hidup yang jauh dari kemewahan, lho, Bund. Paus Fransiskus menekankan kesederhanaan, solidaritas, serta perhatian terhadap kaum miskin. 

Kepribadian yang dimiliki oleh Paus Fransiskus ini sangat penting untuk Ayah dan Bunda ajarkan kepada Si Kecil sejak dini dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kelak Si Kecil bisa hidup sederhana dan penuh kasih seperti Paus Fransiskus.

 

Sumber artikel:

https://www.marketeers.com/tips-menerapkan-gaya-hidup-sederhana-ala-paus-fransiskus/

https://mataram.antaranews.com/berita/372975/kesederhanaan-paus-fransiskus-jadi-teladan-para-pemimpin

Penulis Dinda Karunia Putri
Editor Dinda Karunia Putri