I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Sedang Viral! Yuk, Kenalan dengan Boneka Labubu dan Ketahui Faktanya

author
Dinda Karunia Putri
Rabu, 18 September 2024 | 14:16 WIB
Boneka Labubu | Instagram: kasinglung

Bunda, sudah tau boneka viral Labubu? belakangan media sosial dihebohkan dengan boneka Labubu yang berkarakter seperti monster lucu. Boneka Labubu ini digemari mulai dari berbagai kalangan dari anak muda hingga dewasa. 

Boneka Labubu ini merupakan salah satu karakter dari Monster Kingdom yang diciptakan oleh seniman asal Hong Kong, Kasing Lung, pada tahun 2015. Kasing bekerja sebagai ilustrator buku anak-anak dan juga pernah menjadi desainer mainan. Ia juga menjadi orang Tiongkok pertama yang memenangkan ther Illustration Award di Belgia.

Labubu ramai di Indonesia, semenjak Lisa BLACKPINK memamerkan boneka ini di media sosial. Sejak penampilannya yang mencuri perhatian di dunia maya, penggemar Labubu pun semakin meningkat.

Baca juga: Mengapa Film Barbie Tidak Direkomendasikan untuk Anak-Anak? 

Bahkan, kehadiran dan kepopuleran dari boneka Labubu ini membuat masyarakat rela mengantri hanya untuk membeli boneka Labubu di stan Pop Mart, Gandaria City Mall. Harga boneka pun ini bervariasi, dibanderol mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.  

Dibalik kepopuleran boneka Labubu, Yuk! simak 5 fakta menarik dari boneka Labubu.

1. Popularitas Boneka Labubu di Negara Lain

Boneka Labubu ini tidak hanya di Indonesia, boneka ini juga meraih popularitas yang luar biasa di Jepang, Vietnam, Hong Kong, dan berbagai negara Asia lainya. Sama seperti di Indonesia, para remaja di Vietnam juga rela mengantri sepanjang malam di luar toko demi mendapatkan boneka yang terkenal dengan ciri khas giginya yang menyerupai monster ini. 

2. Diciptakan oleh Seniman Asal Belgia

Siapa sangka, boneka Labubu yang populer ini merupakan karya dari seorang seniman yang lahir di Hong Kong ini, pindah ke Belgia di usia muda. Saat tumbuh besar di sana, ia mulai tertarik dengan cerita kapal feri dan peri yang ada di dalam cerita dongeng rakyat Nordik. Pada tahun 2015, ia meluncurkan seri cerita berjudul “The Monsters” yang telah meroket dan membuat seniman Kasing Lung terkenal dan menggelar pameran di berbagai belahan dunia.

3. Harga Boneka yang Melejit

Untuk mendapatkan boneka Labubu, Bunda dapat mengunjungi situs perbelanjaan daring atau langsung mengunjungi situs web resmi Pop Mart. Dilansir laman Pop Mart Indonesia, ada boneka Labubu seharga Rp270 ribu, Rp1,2 juta, juga Rp2,5 juta. Di e-commerce lain, ada pula yang menjual boneka Labubu hingga harga Rp3,75 Juta.

Di sana, Bunda bisa menemukan daftar toko yang menjualnya atau memesan secara online dengan mudah. Tak hanya itu, Pop Mart juga merilis berbagai merchandise terkait Labubu mulai dari pakaian hingga aksesori rumah tangga, memperluas daya tariknya di kalangan masyarakat luas.

4. Fakta Karakter Boneka Labubu

Karakter Labubu digambarkan sebagai makhluk kecil dengan senyum lebar, gigi taring yang menonjol, dan ekspresi yang penuh keceriaan. Meski tampak genderless atau cenderung memberikan kesan sebagai laki-laki, siapa sangka ternyata karakter asli Labubu dalam buku adalah seorang perempuan. 

Karakter Labubu juga sering muncul dalam berbagai versi dan tema, mulai dari pakaian tradisional, modern, hingga kostum yang terinspirasi dari berbagai cerita dongeng. Boneka ini juga hadir dalam berbagai pose yang menggambarkan keceriaan dan semangatnya. Mulai dari versi yang sedang tersenyum lebar, tertawa, hingga versi yang lebih ekspresif. Boneka Labubu yang dirilis dalam berbagai seri, seperti Halloween Edition, Animal Series, dan edisi khusus kolaborasi dengan berbagai merek.

5. Strategi Bisnis Blind Box

Uniknya boneka Labubu sering dijual dalam bentuk blind box, di mana pembeli tidak tahu karakter mana yang mereka dapatkan hingga kotaknya dibuka. Boneka Labubu menjadi salah satu bentuk keberhasilan strategi bisnis Blind Box. Karena berhasil membuat para pembeli semakin antusias untuk mengumpulkan karakter lainnya. 

 

Namun, sangat disayangkan kepopuleran dari boneka Labubu ini, sering dimanfaatkan oknum untuk melakukan penipuan. Salah  satu Menteri Thailand, Puangpet Chunlaiadm mengeluarkan peringatan agar berhati-hati dalam membeli boneka Labubu. Penjual boneka Labubu pun tidak sembarangan. Ada standar industri yang harus dipenuhi sebelum boneka dijual. Penjual yang melanggar akan menghadapi hukuman penjara hingga enam bulan dan/denda hingga 500.000 baht. Peringatan ini dikeluarkan oleh The Thai Industrial Standards Institute (TISI). 

Jadi, gimana Bunda, apakah Bunda tertarik untuk mengoleksi boneka Labubu yang sedang viral ini?

 

Sumber artikel:

Penulis Dinda Karunia Putri
Editor Dinda Karunia Putri