To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Ketahui Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

author
Dinda Karunia Putri
Senin, 7 Oktober 2024 | 11:08 WIB
Skincare Ibu Hamil | Shuttershock

Ibu hamil biasanya akan mengalami berbagai perubahan pada tubuh dan itu hal yang normal, lho, Bun. Pada saat hamil, biasanya kulit menjadi kering dan rentan berjerawat karena adanya perubahan hormon di tubuh ibu. 

Namun, ibu hamil tidak boleh sembarangan memakai produk skincare karena dapat mempengaruhi janin. Untuk itu, Bunda perlu memperhatikan kandungan-kandungan yang aman untuk Ibu hamil. Simak kandungan yang aman buat Ibu hamil.

Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

  • Salicylic Acid

Kandungan salicylic acid atau asam salisilat nyatanya cukup aman untuk ibu hamil. Kandungan ini bermanfaat untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru, menjadikan kulit lebih halus dan bercahaya. Namun, sebaiknya gunakan produk dengan salicylic acid tidak lebih dari dua persen.

  • Grapeseed Oil

Grapeseed oil juga termasuk kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Umumnya, kandungan grapeseed oil banyak terdapat pada serum wajah dan minyak pada tubuh yang berfungsi untuk melembapkan kulit pada ibu hamil.

  • Hyaluronic Acid

Jika ibu hamil rentan mengalami kulit kering selama menjalani kehamilan, hyaluronic acid bisa menjadi solusinya. Kandungan ini memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, mulai dari melembapkan hingga menunda proses penuaan dini dengan mencegah munculnya kerutan-kerutan halus pada wajah. hyaluronic acid cukup aman bagi ibu hamil dan tidak mempengaruhi kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan.

  • Niacinamide

Kandungan ini aman untuk ibu hamil karena berasal dari vitamin B3. Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengungkapkan, niacinamide adalah kandungan skincare yang mengandung antioksidan. Kandungan ini bermanfaat sebagai membantu mengontrol kulit wajah berminyak, zat pada niacinamide yang mampu mengendalikan produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak (kelenjar sebasea). Berkat manfaat ini juga, niacinamide dapat mencegah munculnya jerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih.

  • Titanium Dioxide

Titanium dioxide cukup aman untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan ini digunakan pada area wajah maupun tubuh yang sering terpapar sinar matahari langsung. Titanium dioksida digunakan untuk memblokir paparan sinar UVA dan UVB pada tabir surya. Penggunaan tabir surya juga dapat membantu mengurangi kulit terpapar sinar matahari langsung yang mengakibatkan kulit kering, kusam dan meningkatkan risiko kanker kulit. 

  • Zinc Oxide

Zinc oxide dapat digunakan ibu hamil sebagai sunscreen sebelum beraktivitas.  Zinc Oxide tidak menyerap pada kulit, namun tetap berada pada permukaan kulit sehingga aman untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Manfaat dari kandungan ini untuk meredakan kemerahan pada kulit, dan mengatasi nyeri, pembengkakan, serta peradangan kulit akibat penumpukan bakteri.

  • Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam produk skincare aman untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Vitamin C dapat berfungsi untuk meningkatkan kolagen pada kulit sehingga dapat membantu mengatasi bagian kulit yang menggelap.

Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil

Selain skincare aman untuk ibu hamil, penting juga untuk mengetahui kandungan skincare apa saja yang harus dihindari atau dibatasi. Berikut ini adalah beberapa daftar kandungan dalam produk perawatan kulit yang perlu dihindari ibu hamil:

1. Asam salisilat
2. Retinol 
3. Hidrokuinon 
4. Merkuri
5. Formalin 
6. Phthalates
7. Timbal

Ibu hamil tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan produk perawatan kecantikan karena masih banyak pilihan kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Penting bagi ibu hamil mengetahui kandungan yang aman, berikut rekomendasi produk skin care yang bisa ibu hamil gunakan:

Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil:

  • Cetaphil Moisturizing Cream 

|

Jika ibu hamil sedang mencari pelembap yang aman, moisturizing dari Cetaphil ini bisa Bunda pertimbangkan. Kandungan dari moisturizing ini kombinasi formula dari almond oil yang bisa membantu melembapkan kulit sensitif yang sangat kering.

  • Bio Oil Skin Care

|

Bio Oil Skin Care merupakan cairan yang mengandung zat aktif Purcellin Oil, fungsi kandungan ini membantu mengatasi masalah kulit yang rentan menimpa bumil, seperti menyamarkan bekas luka, stretch marks dan warna kulit yang tidak merata.

Formula uniknya juga sangat efektif untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit dan kulit kering. Oleskan dua kali sehari pada bekas luka selama minimal 8 minggu untuk hasil maksimal.

  • Cetaphil Gentle Skin Cleanser

|

Banyak ahli dermatologis yang merekomendasikan produk ini untuk ibu hamil yang ingin membersihkan wajah dan mengangkat makeup untuk penggunaan sehari-hari.

Produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak mengandung pewangi tambahan dan tidak menghasilkan banyak busa sehingga aman untuk kulit yang kering. Kandungan propylene glycol dalam produk ini dapat membuat kulit tetap lembap sepanjang hari dan cocok untuk kulit sensitif.

  • Skintific Moisturize Gel 5x Ceramide Barrier Repair

|

Pelembap wajah Skintific Moisturize Gel 5x Ceramide Barrier Repair mengandung 5 jenis ceramide (ceramide NP, ceramide AP, ceramide NS, ceramide AS, ceramide EOP) yang dapat menjaga kesehatan dan kelembapan kulit wajah pada ibu hamil.

Tidak hanya itu, pelembap wajah ini juga mengandung centella asiatica, hyaluronic acid, dan marine collagen yang dapat  menghidrasi kulit secara mendalam.

  • Neutrogena Moisturizer Water Gel Hydro Boost Hyaluronic Acid

|

Neutrogena Moisturizer bisa digunakan untuk ibu hamil yang memiliki kulit lebih cenderung berminyak. Pelembap wajah ini diformulasikan berbahan dasar air dan memiliki tekstur seperti gel sehingga dapat memberikan kelembapan pada kulit tanpa menambahkan minyak pada wajah.

Kandungan hyaluronic acid dalam produk ini aman untuk ibu hamil dan umumnya bisa diterima oleh semua jenis kulit. Sebenarnya, hyaluronic acid dapat ditemukan secara alami pada kulit sehingga senyawa aktif ini umumnya aman bahkan bagi ibu hamil dengan kulit sensitif sekali pun.

|

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C-Serum mengandung bahan alami yang bagus untuk kulit, seperti ekstrak kakadu plum yang bisa memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit menjadi lebih elastis sehingga skincare ini aman untuk ibu hamil. Selain itu, serum ini juga mengandung tea tree oil yang bisa mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat.

  • Mama's Choice Advanced Brightening Face Serum

|

Serum wajah ini mengandung beberapa bahan yang aman sekaligus bagus untuk kulit ibu hamil seperti ekstrak peony, vitamin c, hyaluronan 11 multi-complex, ceramide NP, dan niacinamide. Sehingga serum ini bisa digunakan untuk ibu hamil yang memiliki kulit kusam dan mudah berjerawat.

  • Sukin Hydrating Mist Toner

|

Sukin Hydrating Mist Toner ini mengandung beberapa bahan alami yang bagus untuk kulit, seperti ekstrak chamomile dan air mawar. Kandungan ini dapat berfungsi untuk melembapkan, menyegarkan, sekaligus memenangkan kulit wajah. Selain itu, toner ini sangat aman untuk ibu hamil karena tidak mengandung alkohol dan berbagai bahan yang bisa membahayakan janin dan kandungan, misalnya paraben.

Walaupun Bunda sedang hamil, Bunda tetap perlu merawat kulit wajah agar tetap sehat dengan melakukannya secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan Bunda, ya. 

 

Sumber artikel:

Penulis Dinda Karunia Putri
Editor Dinda Karunia Putri