I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Cari Tahu Peran Asam Amino untuk Kesehatan Kulit Tubuh, Yuk!

author
Dewi Shinta N
Selasa, 8 Oktober 2024 | 19:27 WIB
|

Kesehatan kulit ternyata dipengaruhi salah satunya oleh kadar asam amino dalam tubuh. Simak informasi lebih lengkap pada artikel berikut. 

Tahukah, kamu Amino acid atau asam amino adalah unsur yang membentuk protein dalam tubuh manusia? Ada sekitar 20 jenis asam amino yang penting untuk berjalannya berbagai fungsi tubuh.  Faktanya, tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan baik jika jumlah asam amino dalam tubuh tidak mencukupi. 

Terdapat berbagai manfaat asam amino  yang penting untuk diketahui, seperti sebagai sumber energi, pembentuk otot, produksi hormon di otak untuk fungsi neurotransmitter, menjaga imunitas tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, pertumbuhan dan perbaikan sel, hingga menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku.

Jenis-Jenis Asam Amino

Terdapat 20 jenis asam amino yang penting untuk tubuh manusia, yang terbagi menjadi dua bagian yaitu:

- Asam Amino Esensial 

Jenis asam amino ini tidak diproduksi secara alami oleh tubuh manusia sehingga harus didapatkan dari luar.  Salah satu cara untuk mendapatkan asam amino esensial ini adalah melalui asupan makanan dengan sumber protein hewani,  seperti daging merah, daging unggas, ikan, telur dan produk susu dan turunannya.  

Perlu diketahui bahwa terdapat sembilan jenis asam amino esensial,  yaitu histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan and valine.

- Asam Amino Non-Esensial 

Asam amino dengan jenis non-esensial ini  bukan berarti tidak penting, lho, namun artinya jenis ini diproduksi secara alami oleh tubuh. Ada 11 jenis yang masuk kelompok  asam amino non-esensial ini yaitu alanine, arginine, asparagine, aspartic acid, cysteine, glutamic acid, glutamine, glycine, proline, serine, and tyrosine.

Baca juga: Agar Kulit Bebas Kusam, Ini Cara Eksfoliasi Kulit Tubuh Yang Disarankan

Manfaat Asam Amino untuk Kulit

Ada beberapa jenis asam amino, baik dari kelompok asam amino esensial maupun non esensial yang memiliki manfaat yang lebih spesifik untuk kesehatan kulit, yaitu, arginine, histidine, methionine, lysine, proline, leucine, dan  glycine.

Karena peranannya yang besar dalam menyusun struktur protein dan memperbaiki sel, asam amino membantu menjaga kulit untuk tetap dalam  kondisi terbaik ketika menjalankan fungsinya dalam melindungi permukaan tubuh manusia. Yuk, kita lihat berbagai peran asam amino dalam menjaga kulit tubuh manusia! 

- Meningkatkan Hidrasi Kulit

Asam amino mendorong kelembapan masuk ke dalam kulit serta meningkatkan penyerapan air ke seluruh permukaan kulit sehingga kulit terjaga hidrasinya. Kondisi kulit yang selalu lembap membuatnya terhindar dari kondisi kering dan mencegah kerutan dini.

- Berperan Sebagai Antioksidan

Sifat antioksidan dalam asam amino berperan melindungi kulit dari berbagai radikal bebas yang bersifat merusak sehingga membantu mengurangi inflamasi dan memperbaiki warna kulit.

- Membentuk Kolagen

Asam amino dikenal mampu meningkatkan produksi kolagen yang menjaga kulit agar tetap kuat dan elastis. Kolagen juga berperan penting pada proses regenerasi alami kulit yang terjadi pada kulit manusia secara berkala. 

- Membantu Perbaikan Sel

Asam amino juga berperan penting dalam memproduksi peptide dalam tubuh yang bisa membantu  mengurangi terbentuknya kerutan pada kulit dan mendorong regenerasi kulit. 

- Bersifat Anti-aging

Beberapa jenis asam amino dapat mengurangi tanda-tanda penuaan sehingga kulit menjadi lebih halus dan lebih kencang serta mengurangi kerutan-kerutan. 

Baca juga: Cegah Penuaan Dini, Buat Kulit Sehat Terawat Dengan 5 Tips Ini

Bagaimana Mendapatkan Asam Amino untuk Kesehatan Kulit?

Untuk memenuhi kebutuhan asam amino untuk kesehatan kulit, selain mengonsumsi makanan kaya protein hewani seperti daging merah, daging unggas, ikan, telur dan produk susu dan turunannya, bisa juga dengan penggunakan produk perawatan tubuh yang mengandung asam amino.

Menurut para ahli, salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah melalui penggunaan asam amino secara topikal atau penggunaan di permukaan kulit sehingga jumlah asam amino yang berada di permukaan kulit dapat meningkat.  

Salah satu produk perawatan tubuh yang dapat meningkatkan jumlah asam amino di kulit dan dapat kamu gunakan sehari-hari adalah sabun mandi dengan inovasi terbaru dari  Biore Serum Body Foam. Advanced formula dari mild amino acid yang terkandung dalam Biore Serum Body Foam dapat 2x meningkatkan jumlah amino acid yang melapisi kulit sehingga kulit dapat terjaga kelembapannya. 

Asam amino yang berada di permukaan kulit biasanya terangkat ketika mandi sehingga kulit jadi rentan kering. Biore Serum Body Foam justru bekerja untuk menahan asam amino yang ada di permukaan kulit sehingga tidak menghilang dan menambah jumlah asam amino tersebut di permukaan kulit. Kulit pun jadi lembap hanya dalam satu kali mandi dengan Biore Serum Body Foam. Klik di sini untuk info lebih lanjut soal Biore Serum Body Foam.

 

Penulis Dewi Shinta N
Editor Dewi Shinta N