I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

8 Manfaat Skin To Skin Bunda dan Si Kecil untuk Tumbuh Kembangnya

author
Dinda Karunia Putri
Selasa, 15 Oktober 2024 | 10:54 WIB
Skin to Skin | Shutterstock

Bunda, skin to skin memiliki manfaat fisik dan emosional bagi Si Kecil dan Bunda sendiri. Apa saja manfaatnya? Simak artikel berikut ini!

​​Skin to skin antara Bunda dan Si Kecil mungkin bukanlah hal baru bagi Bunda. Dari pertama kali Si Kecil dilahirkan, ia akan diletakkan di dada Bunda dalam proses inisiasi menyusui dini (IMD). 

Selain Si Kecil akan mudah menemukan puting susu ibu, ini juga membuatnya lebih tenang karena aroma dan detak jantung Bunda yang ia rasakan sejak dalam kandungan. 

Skin to skin Bunda dan Si Kecil juga bisa berlanjut dilakukan di rumah karena banyaknya manfaat yang diberikan, baik bagi Bunda maupun  Si Kecil. Sebenarnya apa sih skin to skin dan apa manfaatnya untuk Si Kecil?

Mengenal Apa itu Skin To Skin

Skin to skin merupakan metode segera sesudah Si Kecil lahir diletakkan atau dibaringkan ke dada sang ibu tanpa dihalangi oleh sehelai pakaian sehingga kulit Bunda dan Si Kecil dapat langsung bersentuhan. 

Metode skin to skin juga sering disebut kangaroo mother care (KMC) atau perawatan metode kanguru (PMK). Metode ini meniru kanguru yang bayinya disimpan di kantong perut ibunya untuk mencegah kedinginan sekaligus untuk mendapatkan air susu ibunya.

Banyak penelitian merekomendasikan metode skin to skin dilakukan sesegera mungkin setelah lahir. Bahkan, sebelum tali pusar dijepit dan dipotong, atau sebelum Si Kecil dibersihkan, diperiksa dan ditimbang. 

Baca juga: Pentingnya Skrining Si Kecil yang Baru Lahir

Tidak hanya sesaat setelah melahirkan, skin to skin bisa Bundalakukan juga di rumah. Tidak hanya Bunda, Ayah pun juga bisa melakukan skin to skin dengan Si Kecil. Berada di dada Bunda atau Ayah bisa membantu mendukung tumbuh kembang yang lebih baik untuk Si Kecil. Lantas apa saja manfaat skin to skin?

Manfaat Skin To Skin 

Ada beberapa manfaat skin to skin untuk Si Kecil yang baik untuk tumbuh kembangnya, berikut manfaatnya:

- Meningkatkan asupan ASI 

Skin to skin antara Bunda dan Si Kecil dapat membantu meningkatkan asupan ASI. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan banyak kontak skin to skin lebih mudah dan lebih lama menyusu, karena posisi Si Kecil di atas dada Bunda dapat mendorongnya mudah untuk menemukan susu ibu untuk mulai menyusu. 

- Meningkatkan berat badan

Mengutip dari situs parents.com, skin to skin meningkatkan penambahan berat badan Si Kecil yang baru lahir. Saat tubuhnya hangat, mereka tidak perlu menggunakan energinya untuk mengatur suhu tubuhnya. Mereka bisa menggunakan energi itu untuk tumbuh. Skin to skin yang mempermudah ia menyusu pada Bunda juga dapat meningkatkan berat badannya.

- Mendorong tidur yang lebih baik 

Skin to skin cenderung membuat tidur lebih nyenyak. Ketika Si Kecil merasa aman dan nyaman, akan membantu ia tidur lebih baik. Tidur yang baik dengan durasi yang cukup memungkinkan hormon pertumbuhan untuk berfungsi optimal sehingga mendukung tumbuh kembangnya. 

- Kemampuan beradaptasi yang lebih baik

Baby Center mengungkap, para peneliti menemukan bahwa bayi baru lahir yang memiliki lebih banyak momen  skin to skin memiliki detak jantung, pernapasan, tekanan darah, dan kadar glukosa darah yang lebih stabil. Ini adalah cara skin to skin membantu Si Kecil beradaptasi dengan kehidupan di luar rahim dan baik untuk tumbuh kembangnya.

- Terhindar dari infeksi

Jika skin to skin terjadi sebelum bayi dibersihkan, penelitian mengungkap ia akan lebih kuat terhadap infeksi. Itu karena mereka memiliki lebih banyak waktu untuk bersentuhan dengan bakteri baik dari Bunda. 

Baca juga: Moms, Ini Jadwal MengASIhi Supaya Nutrisi Si Kecil Terpenuhi

- Peningkatan perkembangan mental

Mengutip dari situs parents.com, sebuah penelitian di Kanada mengungkap bayi prematur yang melakukan skin to skin dengan ibunya memiliki fungsi otak yang lebih baik pada usia 15 tahun. Hal ini membuat otak Si Kecil berkembang sama dengan bayi yang lahir dengan berat badan dan cukup bulan.

- Detak jantung lebih teratur

Si Kecil yang mengalami gangguan pernapasan dapat lega dalam waktu 48 jam tanpa respirator dengan memanfaatkan metode skin to skin. Studi juga menunjukkan bahwa detak jantung untuk bayi yang diberi metode skin to skin lebih teratur daripada bayi yang tidak diberikan.

- Menambah bonding Si Kecil dengan Ayah

Tidak hanya Bunda, skin to skin juga dapat dilakukan oleh Ayah. Dari waktu Si Kecil di dalam kandungan, Si Kecil sudah mengenali suara ayah mereka. Dengan skin to skin dengan Si Kecil ini akan membantu Ayah dan Si Kecil lebih bonding.

 

Cara Skin to Skin di rumah

Semakin Bunda sering mempraktikkannya, maka semakin baik manfaat yang akan didapatkan. Skin to skin bisa Bunda lakukan di rumah hingga sesudah kelahiran Si Kecil.  

Tidak ada batas waktu kapan Bunda harus stop untuk skin to skin dengan Si Kecil,  Jadi, lakukanlah sesering mungkin sebelum Si Kecil sudah merasa tidak nyaman di dada Bunda. 

Lakukan skin to skin di rumah, dengan cara berikut ini:

  • Skin to skin efektif dilakukan di lingkungan yang tenang tanpa lampu terang. Sebelum Bunda mulai, matikan lampu dan jaga agar lingkungan setenang mungkin.
  • Sebelum berbaring dengan Si Kecil, pastikan Bunda dan Si Kecil tidak menggunakan sehelai pakaian.
  • Kemudian, bersiaplah untuk berbaring.
  • Letakkan Si Kecil tengkurap di dada Bunda dalam posisi tegak, pastikan Si Kecil hanya mengenakan popok saat berada di dada Bunda.
  • Tutupi si Kecil dengan selimut.
  • Biarkan Si Kecil berada di dada Bunda minimal 20 menit, baik hanya sekedar tidur atau menyusu. 
  • Lakukan proses ini sebanyak empat kali seminggu.

Untuk mendukung skin to skin Bunda dan Si Kecil, jangan lupa pakaikan Si Kecil popok yang nyaman dan berkualitas, seperti Merries Skin Protection. 

Merries Skin Protection memiliki sirkulasi udara baik pada seluruh bagian popok, sehingga kulit Si Kecil bebas bernapas. Daya tampungnya banyak dan cepat, membuat kulitnya tetap kering dan terhindar dari kebocoran. Popok Merries Skin Protection juga memiliki lapisan antibakteri dengan ekstrak natural daun teh dan teknologi +Anti Bau, yang dapat mencegah bau pipis dan ruam sehingga kulit Si Kecil jadi sehat terawat. 

Bunda dan Ayah pun bisa mengganti popok Si Kecil tanpa khawatir popoknya akan bau. Klik di sini untuk info lebih lanjut tentang popok Merries Skin Protection.

Penulis Dinda Karunia Putri
Editor Dinda Karunia Putri