Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, BRI menjadi simbol keberpihakan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan mendorong ekonomi kerakyatan untuk memajukan negeri.
Untuk menyambut HUT BRI ke-129 pada Senin, 16 Desember 2024, bank BUMN tersebut mengusung tema “BRILiaN dan Cemerlang”. Tema ini mencerminkan komitmen BRI dalam menciptakan solusi finansial yang berdampak positif bagi masyarakat dan seluruh stakeholders.
“Perayaan HUT BRI ke-129 ini kita jadikan sebagai momen refleksi dan motivasi untuk melangkah lebih jauh. Saya percaya bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan kolaborasi, kita mampu merespon tantangan secara tepat,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso.
Baca juga: Kidos Band Rilis Single 'Jadi yang Terbaik' di Hari Anak Sedunia
Dalam peringatan HUT BRI ke-129 ini pula, bank ini mengumumkan laba sebesar Rp60,4 triliun sepanjang tahun 2023 yang telah dicapainya. Hal ini pun diapresiasi secara khusus oleh Sunarso.
Bahkan, menjelang akhir 2024, BRI juga telah membukukan kinerja keuangan yang solid meskipun mengalami tekanan makroekonomi. Antara lain dari melemahnya daya beli masyarakat dan tantangan usaha bagi sektor UMKM.
Pencapaian dan Kontribusi BRI
Berdasarkan laporan kinerja konsolidasian per September 2024, aset BRI tercatat tumbuh 5,9% YoY menjadi Rp1.962 triliun, yang didorong pertumbuhan kredit sebesar 8,2% YoY menjadi Rp1.353 triliun.
Dana Pihak Ketiga BRI juga tercatat tumbuh 5,6% YoY menjadi Rp1.362 triliun, dengan CASA mencapai 64,2%. Kinerja positif tersebut mendorong laba BRI tembus Rp45,4 triliun.
Pada HUT BRI ke-129, terdapat sejumlah pencapaian BRI yang dinilai telah mendukung kemajuan ekonomi negeri:
1. Menciptakan Sharing Economy Lewat 1 Juta AgenBRILink
Hingga November 2024, AgenBRILink berhasil membukukan lebih dari 1,047 miliar transaksi, tumbuh 5,64% secara tahunan (year-on-year/YoY) dibandingkan periode yang sama tahun lalu, atau November 2023, yang mencapai 992 juta transaksi.
Baca juga: Hati-hati Bun, Anemia Defisiensi Besi Bisa Menghambat Tumbuh Kembang Anak!
Pencapaian tersebut didukung oleh peningkatan jumlah AgenBRILink yang kini mencapai 1.047.502 agen, atau naik sebesar 45,68% YoY dibandingkan tahun sebelumnya.
Melalui jaringan AgenBRILink, BRI berupaya menjangkau lapisan masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh layanan perbankan. Selain itu, keberadaan AgenBRILink juga menciptakan sharing economy bagi masyarakat.
2. Jadi Penyalur Kredit UMKM Terbesar dengan Porsi 81,21%
BRI terus memperkuat komitmennya untuk menyediakan akses pembiayaan untuk UMKM di seluruh Indonesia. Hingga akhir Triwulan III 2024, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21% secara year on year (YoY).
Dari total penyaluran kredit tersebut, 81,70% di antaranya atau sekitar Rp1.105,70 triliun merupakan kredit kepada segmen UMKM.
3. Berdayakan 33.804 Klaster Usaha dan 3.957 Desa BRILiaN
Selain membuka akses pembiayaannya, BRI juga memiliki berbagai program pemberdayaan UMKM, di antaranya melalui program Klasterku Hidupku dan Desa BRILiaN.
Baca juga: Transaksi Lelang Tanaman Hias FLOII Expo 2024 Capai Rp137 Juta!
Pemberdayaan Klaster Usaha sendiri merupakan pemberdayaan kepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha dalam satu wilayah, sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam pengembangan usaha para anggotanya.
Hingga akhir September 2024, sudah ada 33.804 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku.
Ada pula Desa BRILiaN, program pemberdayaan yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development.
Hingga akhir September 2024, pemberdayaan Desa BRILiaN telah didapatkan oleh 3.957 desa.
4. User BRImo Tembus 37,1 Juta
Aplikasi mobile banking BRImo menjadi salah satu strategi BRI untuk memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.
Pengguna Super Apps tersebut sudah mencapai 37,1 juta hingga akhir September 2024, yang artinya tumbuh 24,7% YoY. Nilai transaksinya pun naik signifikan mencapai Rp4.034,9 triliun, tumbuh 35,2% YoY dari sebelumnya Rp2.984,2 triliun.
Baca juga: Kombinasi Hair Dryer dan Water Softener yang Bikin Rambut Lebih Lembut
5. Penyetor Dividen Terbesar ke Negara
Laba bersih BRI sepanjang 2023 lalu mencapai Rp60,4 triliun, atau tumbuh 16,5% YoY. Sebagai bentuk komitmen penciptaan economic value, BRI membagikan dividen sebesar 80% dari total laba bersih kepada pemegang saham baik pemerintah maupun publik.
Hal itu senilai dengan Rp43,49 triliun, yang membuat BRI menjadi perusahaan dengan setoran dividen terbesar pada tahun 2024.
Itu artinya, dari total dividen BUMN sebesar Rp85,5 triliun yang disetorkan Kementerian BUMN ke negara, 30% di antaranya (atau Rp25,7 triliun) merupakan kontribusi BRI.
6. Saham BBRI Naik 4.370% sejak IPO
Tahun ini, bank pelat merah dengan kode saham BBRI ini genap 21 tahun melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). BRI melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada 10 November 2003, dan menawarkan 3.811.765 juta saham biasa (common shares) dengan harga Rp875 per saham.
Jika mempertimbangkan stock split dan right issue, sampai saat ini saham BBRI sudah naik 43,7 kali lipat, atau naik 4.370% jika dibandingkan dengan saat IPO.
Baca juga: Resmi Dibuka! FLOII Expo 2024 Bawa Semangat Optimisme Industri Tanaman Hias Indonesia
7. Mewakili Indonesia di Daftar Perusahaan Terbaik Dunia
Sepanjang tahun 2024, BRI berhasil meraih 236 penghargaan bergengsi di tingkat domestik, regional, dan internasional.
Pengakuan terhadap pencapaian BRI datang dari berbagai lembaga ternama, seperti Forbes Global 2000 yang menobatkan BRI sebagai "Largest Company in Indonesia" atau perusahaan publik terbesar di Indonesia, sekaligus menempatkannya di peringkat 308 dunia.
Fortune South East Asia 500 juga mengakui BRI sebagai perusahaan finansial terbesar di Indonesia dan peringkat ke-15 di Asia Tenggara.
Selain itu, The Banker Top 1000 Bank 2024 menempatkan BRI sebagai bank nomor satu dari 26 bank di Indonesia, dan peringkat 110 dari 1.000 bank global.
Di samping itu, BRI juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia. Berdasarkan laporan Brand Finance Global 500 tahun 2024, BRI berada di peringkat 446 dunia.
Segala pencapaian tersebut tentunya akan semakin mengokohkan peran BRI sebagai market leader di sektor perbankan nasional. Happy anniversary, BRI!